KEMBALI DIGELAR, Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Batam, Kadis Roi hadir langsung.
Diposting pada : 27 Februari 2024 / Dilihat : 41

BATAM -   Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil kembali melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kegiatan ini diselenggarakan pada tanggal 27 - 29 Februari 2024 di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Rakornas kali ini dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi negara yaitu Menteri Dalam Negeri, Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ketua Komisi II DPR-RI. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipi Kota Kotamobagu, Roi Paputungan,SE bersama Kadis Dukcapil-KB Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara juga turut hadir dalam event besar ini.

Kegiatan ini bertemakan "Peran Identitas Kependudukan Digital (IKD) mendukung percepatan Transformasi Digital untuk Pelayanan Publik".  Para narasumber yang hadir membahas sejumlah topik yang berkaitan dengan digitalisasi pemerintahan. Salah satunya adalah 9 Layanan SPBE Prioritas pada bidang adminduk.

Transformasi Digital menjadi orientasi utama pada pelayanan publik. Hal ini yang menandakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia sedang memasuki era yang baru.

Kadis Roi menghimbau kepada ASN Disdukcapil Kota Kotamobagu untuk turut berpartisipasi dalam percepatan transformasi digital. Salah satu caranya yaitu dengan mendorong masyarakat Kotamobagu dalam penggunaan IKD sebagai pengganti E-KTP mereka. 

Berdasarkan himbauan tersebut, Disdukcapil Kota Kotamobagu kembali akan melaksanakan Pelayanan IKD keliling. Target pelayanan kali ini yaitu ASN di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Kotamobagu. Diharapkan semua ASN Pemkot Kotamobagu akan memiliki IKD selambatnya tahun 2024 ini. (JCK)